AJARKAN ANAK PAUD UNTUK BERKEBUN BERSAMA

20170326_083834

Salah satu aktivitas yang dilakukan di KB Sabilul Hidayah adalah mengajak anak berkebun dan menyiram tanaman yang ditanam di kebun yang dekat dengan lokasi KB Sabilul Hidayah. Kegiatan ini dilakukan 1-2 kali dalam setahun. Riset membuktikan bahwa aktivitas berkebun berdampak baik bagi anak. Selain mengajarkan mencintai alam, aktivitas luar ruangan seperti ini juga bagus untuk perkembangan fisik maupun mental anak. Berkebun juga bisa memacu aktivitas fisik anak sekaligus meningkatkan kesehatan. Berkebun juga mendorong anak menjadi lebih aktif.

Penelitian yang dilakukan di Korea Selatan tersebut melibatkan 17 anak. Pada prosesnya, mereka diminta menyelesaikan 10 tugas berkebun, mulai dari menggali, menyangkul, menyiangi, menanam, menabur bibit, hingga menyangkok. Untuk setiap tugas, anak-anak ini diberi waktu lima menit mengerjakan lalu istirarahat dengan waktu yang sama, kemudian diukur denyut nadi dan kondisi fisiknya. Hasil penelitian menunjukkan, kesepuluh tugas berkebun itu merupakan aktivitas fisik laiknya olahraga.

Menggali dinilai sebagai aktivitas paling melelahkan dibandingkan tugas lain dalam riset. Adapun tugas seperti menyiangi, menabur bibit, mengairi, dan menyangkok, masuk kategori aktivitas berintensitas moderat. Para peneliti mengatakan, hasil studi ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan pelatihan perkembangan anak berbasis kebun. Berkebun juga bisa diterapkan sebagai terapi bagi anak-anak dengan kemampuan fisik terbatas.

Selain itu, berikut ini beberapa manfaat positif aktivitas berkebun bagi anak :

  1. Menumbuhkan kecintaan Anak terhadap alam dengan mengenal tanaman dan hewan di sekitar rumah.  Lewat  itu,  akan tumbuh rasa empatinya kepada semua makhluk. Anak bisa belajar pentingnya menyayangi tanaman hingga mengetahui cacing yang kecil pun bisa begitu bermanfaat.
  2. Membuatnya   bergerak  lebih aktif. Maka, libatkan Anak membantu meletakkan biji dan  menyiram tanaman. Saat bergerak aktif di luar, anak juga akan mendapat asupan vitamin D dari matahari untuk memaksimalkan pertumbuhan fisiknya.
  3. Belajar memahami proses pertumbuhan. Anak bisa melihat bukti, jika pohon yang kurang “minum” atau “makan” akan tumbuh layu. Dengan itu, Ayah, bunda dan guru bisa mengajarkan anak bahwa tubuh pun memerlukan makanan dan minuman yang cukup untuk tumbuh besar.
  4. Anak juga bisa mengetahui proses menanam, memelihara, memetik dan memasaknya menjadi hidangan lezat di meja makan. Itu semua akan mengasah berbagai keterampilan dan memberinya pengalaman yang menyenangkan. Apalagi jika anak diberi kebebasan untuk memilih tanaman sendiri.
  5. Dengan menanam di kebun sendiri, Ayah, Bunda dan guru juga otomatis bisa belajar untuk berkebun dengan benar agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu Ayah Bunda pun bisa akan menjamin bahwa tanaman aman dikonsumsi. Karena, tumbuh tanpa pestisida. Sebaiknya, pilih buah-buahan dan sayuran yang mudah ditanam, cepat tumbuh, dan dipanen.
  6. Mengenalkan anak pada aneka jenis tanaman, termasuk sayuran dan buah. Makin ia mengenal bahan makanannya, besar kemungkinan ia menyukai makanan yang dihidangkan. Jadi, tangan si kecil kotor, tak apalah.
  7. Menumbuhkan cinta anak terhadap alam. Anak bisa belajar pentingnya merawat dan menyayangi tanaman.
  8. Mengajarkan proses tumbuh dan berkembang ketika Anda mengajak si kecil menanam, memupuk, menyiram, memetik, dan memasaknya menjadi hidangan lezat.
  9. Anak bisa bergerak lebih aktif karena berkebun merupakan salah satu aktivitas fisik. Bahkan berdasarkan artikel yang tertulis di Huffington Post, aktivitas berkebun sama manfaatnya dengan olahraga.
  10. Selain baik untuk perkembangan fisik, berkebun juga baik untuk perkembangan mental anak. Dengan bermain di luar anak jadi banyak bergerak dan gembira

Yuk, kunjungi kebun sayur di daerah Setono Kota Pekalongan Jawa Tengah. Yuk, ajak anak berkebun karena selain menyenangkan, bisa juga menstimulasi berbagai keterampilannya.

Sumber:

http://www.rumahtumbuhdaycare.com/manfaat-berkebun-bagi-anak-usia-dini/

https://www.femina.co.id/family/5-manfaat-berkebun-untuk-anak

Leave a comment